Headlines News :
Home » , » Asal Usul Sistem Susunan QWERTY

Asal Usul Sistem Susunan QWERTY

Written By GamexID on Jumat, 18 Mei 2012 | 04.48


Penemu keyboard QWERTY bernama Christoper Latham Sholes. Dia lahir di Pennsylvania, Amerika Serikat, 14 Februari 1819. Sebetulnya keyboard qwerty ditemukan tanpa sengaja.

Pada tahun 1867, Christoper Sholes merancang sebuah mesin ketik yang pada awalnya disusun sesuai abjad latin, yaitu A,B,C,D,E... Namun sayang, susunan seperti itu justru acap kali menimbulkan masalah. Batang-batang pada huruf tersebut akan saling mengait (jamming) apabila digunakan untuk mengetik kata maupun kalimat. Sehingga mesin ketik tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik.

Untunglah Sholes mendapat saran dari rekan bisnisnya, yaitu James Densmore untuk merubah susunan mesik ketik tersebut menjadi kombinasi huruf yang lain. Sampai pada akhirnya ia berhasil menemukan kombinasi keyboard QWERTY seperti pada saat ini.

Namun QWERTY sensiri juga memiliki kelemahan, yaitu dapat mengakibatkan sebagian jari kita overload, karena distribusi pengetikan yang tidak merata. Sedangkan keunggulan sistem QWERTY adalah pengetikan dengan 8/10 jarinya.

Luar biasa!

Share this post :

Posting Komentar

Thanks for your comment :)

 
Visit Us : Home | Facebook
Copyright © 2011. Blog Kacau Balau - All Rights Reserved